Kartu sakti andalan Sandi, Ma'ruf mengaku sudah tua

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno juga memiliki kartu sakti seperti yang dikeluarkan oleh Jokowi-Ma'ruf Amin.

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno menunjukkan KTP elektronik sebagai kartu sakti andalannya. Alinea.id/Ahmad Rifwanto

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno juga memiliki kartu sakti seperti yang dikeluarkan oleh Jokowi-Amin.

Sandi mengungkapkan, kartu sakti tersebut saat menutup debat kandidat calon wakil presiden. Sembari mengeluarkan dompetnya, dia kemudian mengacungkan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.

"Kita tidak ingin merepotkan dan membebani negara dengan menerbitkan kartu-kartu yang lain. Mari kita ambil dompet kita masing-masing, keluarkan 1 kartu yang sudah semua kita miliki yaitu KTP. Ini super canggih sudah memiliki chip di dalamnya," kata Sandi sembari diikuti pendukungnya yang juga mengacungkan KTP elektronik. 

Menurut dia, revolusi teknologi memudahkan dengan big data dengan single identification number. Sehingga, semua fasilitas, layanan, baik ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, rumah siap kerja, bisa diberikan, melalui data di dalam KTP-el.

"PKH (program keluarga harapan) akan kita tambah menjadi PKH Plus di dalam program yang hanya membutuhkan KTP ini, Ini menjadi kartu kami," tegasnya.