KPU berharap debat pamungkas jadi klimaks Pilpres 2019

Para panelis debat justru merasa kurang beruntung diberi mandat menyusun soal debat pamungkas.

Ketua KPU Arief Budiman (tengah) memberikan keterangan kepada media usai menyaksikan Penandatanganan Pakta Integritas Panelis dan Moderator Debat Kelima Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Pemilu 2019 yan dilakukan oleh para panelis di Jakarta, Rabu (10/4). /Antara Foto

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman berharap pasangan capres-cawapres bisa menyampaikan visi misinya dengan baik ke masyarakat pada debat kelima nanti. Ia berharap, rangkaian kampanye politik pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi selama lebih dari 4 bulan bakal mencapai klimaksnya pada debat pamungkas. 

"Kami sangat berharap debat kelima betul-betul terurai yang menjadi klimaks yang dibutuhkan Indonesia. Terlebih, tema ekonomi yang menyangkut hajat (hidup) orang banyak," kata Arief di sela-sela penandatangan pakta integritas moderator dan panelis debat kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (10/4).

Arief berharap informasi-informasi dan pernyataan para kandidat yang dilontarkan dalam adu gagasan di debat kelima itu dapat dijadikan acuan bagi masyarakat untuk menentukan pilihan. 

"Ini bukan hanya menentukan paslon dan pemilih, tetapi juga bagi KPU apakah debat ini menarik atau tidak. Mudah-mudahan debat kelima berlangsung baik dan lancar," ujarnya.

Debat terakhir bakal digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4). Debat yang bakal mempertemukan pasangan capres-cawapres itu mengambil tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, dan industri.