Makna senyuman Gibran di debat kedua Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka tampil ofensif. Ia berulang kali tersenyum saat mendengar jawaban dari lawan debat.

Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka tampil di debat kedua Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12). Alinea.id/Faisal Adnan

Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka tampil ofensif di debat kedua Pilpres 2024 yang dihelat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12). Tak hanya menangkis serangan, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga hadir dengan pertanyaan-pertanyaan yang membuat bingung lawan debat. 

Pada salah satu sesi tanya jawab antarkandidat, Gibran sempat mengecoh Gus Imin dengan pertanyaan jebakan. Menyinggung status Muhaimin sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), ia menanyakan apa langkah Muhaimin untuk mendongkrak peringkat Indonesia di SGIE. 

SGIE merupakan kepanjangan dari State of Global Islamic Economy. Meskipun singkatan dari istilah dalam Bahasa Inggris, Gibran melafalkan SGIE menggunakan penuturan Bahasa Indonesia, es-ge-i-e. Cak Imin bahkan harus menanyakan lagi kepada Gibran apa kepanjangan SGIE. 

"SGIE itu adalah State of Global Islamic Economy. Misalnya, sekarang yang sudah masuk peringkat 10 besar adalah makanan halal kita, skin care halal kita, fesyen kita. Nah, itu yang saya maksud, Gus. Ya, mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit, ya, Gus. Terima kasih," kata Gibran sembari menyunggingkan senyum.

Sebelumnya, Gibran juga terlihat tersenyum saat menanggapi respons Muhaimin terkait pembangunan ibu kota Nusantara (IKN). Gibran menyebut Cak Imin tak konsisten lantaran pernah ikut potong tumpeng saat peresmian IKN. "Dulu dukung, sekarang enggak dukung," kata Gibran.