Meme Tirto.id soal Ma’ruf Amin dinilai pengaruhi elektabilitas

Unggahan meme Tirto.id viral soal Ma'ruf Amin diritweet 1.642 kali dan likes 1.419.

TKN Jokowi-Ma'ruf Amin melaporkan Tirto.id ke Dewan Pers. Alinea.id/Ayu Mumpuni

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menilai unggahan meme Tirto.id yang memfitnah sekaligus menghina calon wakil presiden Ma’ruf Amin terkait pernyataannya dalam debat ketiga pilpres memengaruhi elektabilitas paslon nomor urut 01.

Karena itu, Ketua Direktorat Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Ade Irfan Pulungan, mengatakan pihaknya merasa perlu mendatangi Kantor Dewan Pers untuk mengadukan media online tersebut terkait unggahan meme ucapan Ma’ruf Amin mengenai perzinahan. 

Menurut Ade, langkah tersebut diambil pihaknya karena Tirto.id telah melakukan fitnah terhadap cawapres Ma’ruf Amin melalui meme tersebut. Meskipun Tirto.id telah melakukan permohonan maaf, namun langkah tersebut diambil sebagai bentuk tegas penindakan fitnah melalui media.

“Ini memenya kami anggap sangat menghina, menyebarkan hoaks dan fitnah karena tertulis di sini Ma’ruf Amin mengatakan zinah bisa dilegalisir,” kata Irfan di Gedung Dewan Pers pada Selasa, (19/3).

Irfan menuturkan jika dilihat dari segi mens rea (niat berbuat kejahatan), Tirto.id telah dengan sengaja menyebarkan fitnah dan hoaks. Apalagi meme tersebut mendapat ribuan respons di media sosial Twitter.