Netral, IPI tak persoalkan dukungan pilot pada Prabowo-Sandi

Dukungan sejumlah pilot terhadap Prabowo-Sandiaga Uno bukan merupakan sikap organisasi Ikatan Pilot Indonesia (IPI).

Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia (IPI), Captain Rama Noya./ Kudus Purnomo Wahidin/Alinea

Ikatan Pilot Indonesia (IPI) mengklarifikasi dukungan pilot terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yang videonya tersebar di dunia maya. 

Ketua Umum IPI, Captain Rama Noya, menyatakan organisasi yang dipimpinnya merupakan organisasi netral, independen, dan tak terlibat politik praktis. Karenanya ia menampik dukungan para pilot dalam video berdurasi 36 detik, mewakili suara di IPI. 

"Dukungan itu bukan atas nama organisasi," kata Rama Noya di kantor Ikatan Pilot Indonesia di Graha Dirgantara, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (2/1).

Meski demikian, Rama mengatakan pihaknya tak mempermasalahkan jika ada pilot yang memberikan dukungan kepada salah satu pasangan capres dan cawapres. Namun ia mewanti-wanti agar pilot tersebut tidak membawa atribut organisasi IPI.

"Jadi itu kan berkaitan hak pribadi, konstitusi dari seseorang. Kami tak mempermasalahkan, tapi kami tak mengizinkan jika membawa nama organisasi, baik atributnya, pernyataannya, apapun yang berkaitan dengan organisasi Ikatan Pilot Indonesia," kata Rama memaparkan.