Perang kartu Sandiaga vs Ma'ruf 

Menjawab tiga kartu sakti Jokowi yang ditunjukkan Ma'ruf, Sandiaga mengeluarkan KTP dari dompet.

Calon wakil presiden Sandiaga Uno menunjukkan KTP-nya di panggung debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3)./Alinea.id/Ahmad Rifwanto

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyerahkan penilaian hasil debat kepada masyarakat. Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu merasa telah berusaha sebaik mungkin dalam menyampaikan gagasan-gagasannya dalam debat itu.

"Saya serahkan penilaiannya kepada rakyat. Seperti apa rakyat menilai debat tadi," kata Ma'ruf kepada wartawan usai beradu gagasan dengan Sandiaga Uno di debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Pada kesempatan itu, Ma'ruf juga menyinggung pernyataan Sandiaga soal penggunaan kartu tanda penduduk (KTP) untuk mengakses bantuan pendidikan dan kesehatan yang disediakan pemerintah. Menurut Ma'ruf, hal itu belum bisa dilakukan. 

"Saya kira KTP belum bisa dimainkan untuk merespons seluruh masalah. Maka, kami menggunakan kartu perseorangan agar lebih mudah," ujar dia.

Pada pernyataan penutup debat, Sandiaga sempat mengeluarkan KTP dari dompetnya. Ia juga meminta para pendukunngnya yang hadir langsung di acara debat untuk melakukan hal serupa.