PKS dan Berkarya sepakati koalisi Pilkada 2020

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Berkarya menyepakati koalisi untuk menghadapi Pilkada 2020.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman dan Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto menyepakati koalisi untuk menghadapi Pilkada 2020. / Antara Foto

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Berkarya menyepakati koalisi untuk menghadapi Pilkada 2020. Kedua partai tersebut sempat berkoalisi saat Pilpres 2019.

Rencana kerja sama dalam menghadapi pilkada serentak tahun depan itu disepakati saat pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Berkarya mengunjungi Kantor DPP PKS di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan pada Selasa (19/11).

Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan Partai Berkarya memiliki modal yang kuat dalam menghadapi pilkada serentak tahun depan. Pasalnya sebagai pendatang baru, Berkarya memiliki 160 kursi di DPRD provinsi, kabupaten, dan kota, di seluruh Indonesia.

"Untuk pilkada itu jelas sekali kami bisa bekerja sama. Kebijakan PKS memang memberikan keleluasaan kepada (pengurus) daerah untuk berkoalisi dengan partai mana saja, termasuk dengan Berkarya," kata Sohibul Iman.

Kendati telah sepakat berkoalisi, PKS dan Berkarya masih belum merinci daerah mana saja yang akan bersama-sama bertarung dalam pilkada. PKS dan Berkarya baru dalam tahap bertukar peta kekuatan masing-masing partai di daerah.