sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Dirjen Bina Adwil Kemendagri jadi Pj Gubernur Kalsel

Pelantikan dilakukan karena terjadi tidak ada kepala daerah definitif.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Senin, 15 Feb 2021 19:38 WIB
Dirjen Bina Adwil Kemendagri jadi Pj Gubernur Kalsel
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, melantik Dirjen Bina Administrasi Wilayah (Adwil) Kemendagri, Safrizal ZA, sebagai Penjabat (Pj.) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel). Ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 31/P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

"Sudah turun Keputusan Presiden tentang penunjukan Penjabat Gubernur Kalsel yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Dr. Drs. Safrizal, M.Si yang dalam lingkungan Kemendagri adalah Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen Bina Adwil) yang erat kaitannya dengan urusan perbatasan, kebencanaan, dan lain-lain," ujar Tito dalam keterangan tertulis, Senin (15/2).

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, mengakhiri masa jabatannya pada Jumat (12/2). Pelantikan penjabat dilakukan 
lantaran hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat masih dalam sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). 

Pertimbangan berikutnya, Kalsel memerlukan komando penanganan kebencanaan setelah dilanda banjir besar beberapa waktu lalu.

Tito lalu memerintahkan Safrizal mempercepat mitigasi bencana banjir. Kemudian, membantu korban banjir secara materil dan moril. Sebagai Waksatgas Covid-19 di tingkat pusat, dia diharapkan membantu penanganan Covid-19 di Kalsel.

"Kota Banjarmasin sekitarnya merupakan daerah yang memerlukan atensi khusus untuk penanganan pengendalian penularan Covid-19," kata bekas Kapolri itu.

Safrizal juga diminta mendukung pelaksanaan pilkada yang telah memasuki tahap akhir. "Kita tunggu hasilnya seperti apa dan kita hormati apa pun keputusannya," kata Tito.

"Dan saya minta untuk penjabat gubernur bersama dengan Forkopimda dan semua pihak dapat menciptakan iklim yang tetap aman terkendali, iklim yang kondusif. Biarlah proses demokrasi berjalan sesuai dengan aturan yang ada dan hindari terjadinya konflik, apalagi kekerasan dan itu perlu dilakukan tindakan-tindakan koordinatif dengan semua pihak,” sambungnya.

Sponsored

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel menetapkan perolehan suara paslon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1, Sahbirin Noor-Muhidin, sebesar 851.822 suara (50,24%) dan mengungguli pasangan Denny-Difri yang meraup 843.695 suara (49,76%).

Lantaran menilai banyak terjadi kejanggalan dalam proses penghitungan, Denny mengajukan permohonan sengketa ke MK. Dirinya menilai, petahana melanggar Pasal 71 ayat (3) UU Pilkada tentang penyalahgunaan bantuan sosial (bansos) untuk kepentingan kampanye.

Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya

DC garap film reboot Superman berkulit hitam

Senin, 01 Mar 2021 15:53 WIB

Jokowi Presiden, wajar disambut massa

Minggu, 28 Feb 2021 09:17 WIB

Catatan Setahun Penanganan Pandemi Covid-19

Senin, 01 Mar 2021 15:41 WIB