Skenario pilkada rasa pilpres di Pilgub Jatim 2024

Khofifah sudah mengantongi dukungan dari empat parpol pengusung Prabowo-Gibran.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersalaman dengan eks Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa (kanan) di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Februari 2024. /Foto Instagram @khofifah.ip

Bursa kandidat Gubernur Jawa Timur (Jatim) terus menghangat. Selain eks Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, sejumlah nama politikus dan menteri mengemuka sebagai calon-calon yang potensial diusung maju jadi cagub. Meski begitu, baru Khofifah yang hampir pasti mengantongi tiket untuk maju. 

Saat ini, Khofifah sudah mengantongi dukungan resmi dari Gerindra, Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN). Secara lisan, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga telah menyatakan bakal mengusung Khofifah di Pilgub Jatim. 

Keempat parpol itu merupakan parpol pengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) di Pilpres 2024. Pada "menit-menit akhir" jelang pencoblosan, Khofifah mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan tersebut.

Di hadapan para petani milenial di Lumajang, Jatim, Sabtu (23/3) lalu, Khofifah menyatakan siap maju di Pilgub Jatim 2024. Ia berencana kembali menggandeng Ketua DPD Demokrat Jatim Emil Dardak sebagai pendampingnya. "Saya masih nyaman dengan Mas Emil," kata Khofifah

Di internal PKB, sejumlah nama diisukan bakal diusung maju di Pilgub Jatim 2024, semisal Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dan eks Bupati Lumajang Thoriqul Haq alias Cak Thoriq.