Survei LSI: Peluang parpol jadi pemenang dan pecundang

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis peluang partai politik yang lolos dan gagal masuk parlemen pada 2019. Simak grafik lengkap

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar dan Fitri Hari saat konferensi pers di Kantor LSI Denny JA di Rawamangun, Jakarta, Jumat (5/4). Alinea.id/Kudus Purnomo

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis peluang partai politik yang lolos dan gagal masuk parlemen pada 2019.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, mengatakan empat partai politik berpotensi besar meloloskan kadernya untuk duduk di kursi DPR pada Pemilu Legislatif 2019. Keempat partai tersebut berpotensi lolos ambang batas 4% (parliamentary threshold) lantaran tingginya elektabilitas.

Partai-partai tersebut adalah PDI Perjuangan dengan perolehan 24,6%, disusul Partai Gerindra 13,4%, ditempel ketat oleh Partai Golkar 11,8%. Kemudian Partai Demokrat dengan elektabilitas 5,9% dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebesar 5,8%.

"PDI Perjuangan, Gerindra, dan Golkar, masih bertengger di posisi tiga besar," ujarnya dalam konferensi pers di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta, Jumat (5/4).

Rully mengatakan, PDIP berpotensi kembali menjadi pemenang pada Pileg 2019. Bahkan, PDIP sekaligus bakal memecahkan rekor dalam kemenangan partai politik di Indonesia.