Survei Menara Digital: Prabowo-Sandi 55,6% vs Jokowi-Ma'ruf 44,4%

Prabowo-Sandi mendapat sentimen positif lebih besar di media sosial.

Pendukung mengenakan topeng pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat mengikuti kampanye terbuka di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/4). /Antara Foto

Lembaga monitoring media sosial dan big data Menara Digital Network merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres dari analisis percakapan di media sosial. Hasil survei Menara Digital menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo-Sandi unggul hingga lebih dari 11%. 

"Hasilnya adalah Prabowo-Sandi unggul 55,60% dan Jokowi Ma'ruf 44,4% dalam Pilpres 2019," kata Chief Executive Officer (CEO) Menara Digital Anthony Leong saat memaparkan hasil surveinya di Gedung Financial Club Graha CIMB Niaga, Jakarta Selatan, Kamis (11/4).

Dalam surveinya, Menara Digital merangkum dan menganalisis sekitar 15 ribu percakapan hingga 9 April. Diketahui, Jokowi-Ma'ruf dibicarakan sebanyak 7.374.045 kali sedangkan Prabowo-Sandi dibicarakan sebanyak 7.627.778 kali. 

Percakapan-percakapan itu, dijelaskan Anthony, merupakan gabungan data realtime dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, forum-forum daring dan portal berita. 

"Prediksi pilpres hasil olah big data kami lakukan dengan analisis dan pendalaman berupa jumlah percakapan dan topik pembicaraan, sentimen di media sosial, SNA (social network analysis) dan wilayah persebaran percakapan, serta algoritma internal," ujar dia.