Survei SMI: Migrasi suara Jokowi ke Prabowo tinggi

Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin secara persentase suara di Pulau Jawa mencapai 49,32%. Prabowo-Sandiaga Uno sebesar 42,71%.

Joko Widodo berkampanye di Batam./Antara Foto

Dalam waktu 11 hari lagi, pemilu akan berlangsung. Sejumlah lembaga survei ramai-ramai merilis elektabilitas dua pasangan calon (paslon) capres dan cawapres. Kali ini, Sabang Merauke Institute (SMI) merilis survei terbarunya terkait elektabilitas capres di Pulau Jawa. 

SMI yang merupakan lembaga penelitian memaparkan temuan soal elektabilitas capres di Pulau Jawa yakni: Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, DI Yogyakarta dan Banten. Hasilnya, elektabilitas Joko Widodo dan Prabowo Subianto terpaut tipis hanya 6,61%, meski Jokowi masih unggul.  

Angka SMI menunjukkan paslon Jokowi-Ma'ruf Amin secara persentase suara di Pulau Jawa mencapai 49,32%. Sementara paslon Prabowo-Sandiaga Uno 42,71%. Lalu 7,97% belum memutuskan per 4 April 2019. 

SMI menggunakan teknik penarikan penarikan sampel dengan multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 600 responden. Jumlah margin error sebanyak 4% dan diklaim dengan posisi confidential level sebesar 95%. 

Adapun demografi responden sebanyak 48,1% berasal dari laki-laki dan 51,9% berasal dari perempuan. Secara pendidikan persentase responden tidak atau belum tamat SD mencapai 32% paling banyak didapati.