Ternyata Nasdem anggap AHY adalah opsi terakhir

Banyak masukan yang diterima Surya Paloh selaku Ketua Umum Partai Nasdem, termasuk AHY sendiri.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyampaikan sambutan di acara pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) DPP Partai Demokrat di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (15/9/2022). YouTube Partai Demokrat

Partai Nasdem mengungkapkan, sosok Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), adalah pilihan terakhir sebagai pendamping Anies Baswedan. Anies adalah bakal calon presiden yang awalnya diusung oleh Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS.

Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choirie mengatakan, pembicaraan mengenai pendamping Anies sudah dilakukan jauh hari. Banyak masukan yang diterima Surya Paloh selaku Ketua Umum Partai Nasdem, termasuk AHY sendiri.

“Pak Surya (Paloh) menerima berbagai masukan. Opsi AHY itu terakhir, terpaksa. Itu kalau sudah tidak ada lagi calon,” katanya pada podcast Alinea, Selasa (6/9) malam.

Namun, lantaran keinginan menang jauh lebih tinggi, partainya memprioritaskan pendamping Anies harus dari Nahdlatul Ulama (NU). Baginya, NU adalah kekuatan Islam dan kultural yang tinggi.

NU dianggap telah menguasai Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sementara, kedua daerah ini adalah kelemahan bagi Anies.