Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki, sang moderator debat

Debat akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta dengan tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Ketua KPU Arief Budiman (kiri) bersama Komisioner KPU Hasyim Asy`ari (kanan), berfoto dengan moderator debat Tommy Tjokro (kedua kanan) dan Anisha Dasuki (kedua kiri) yang menunjukan naskah Pakta Integritas Moderator pada Debat Kedua Calon Presiden (Capres) Pemilu 2019, di Jakarta, Sabtu (9/2). /Antara Foto

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki sebagai moderator debat calon presiden pada 17 Februari 2019. Dua jurnalis televisi ini terpilih, menggeser dua nama kuat yang kerap dibicarakan publik, yakni Najwa Shihab dan Karni Ilyas.

Tommy dan Anisha dipilih melalui kesepakatan antara KPU, tim kampanye Jokowi-Ma’ruf, dan tim kampanye Prabowo-Sandiaga, serta televisi penyelenggara debat kedua.

Mengenal Tommy dan Anisha

Tommy dan Anisha merupakan mantan jurnalis Metro TV. Tommy lebih senior di Metro TV ketimbang Anisha. Pada 2012, ketika Tommy pindah ke Bloomberg TV, Anisha baru saja masuk.

Pria kelahiran Braunschweig, Jerman, 10 Juli 1977 ini mengawali karier jurnalistiknya sebagai reporter di Metro TV. Kemudian, kariernya melesat. Di Metro TV, dia pernah menjadi pembawa berita Metro Pagi, Metro Siang, dan Headline News. Setelah Bloomberg TV tutup, dia berlabuh ke iNews TV, lalu ke RCTI—masih satu naungan dengan MNC Group.