Golkar bantah Agus Gumiwang dipilih untuk amankan suara Jabar

Opini publik yang berkembang menyebutkan, Agus Gumiwang ditunjuk sebagai Mensos untuk mengamankan suara Jokowi di Jawa Barat.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) berjabat tangan dengan pendahulunya, Idrus Marham (kanan), saat serah terima jabatan di Kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Jumat (24/8) / ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Ditunjuknya Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai menteri sosial menggantikan Idrus Marham diduga dapat mendorong perolehan suara Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Barat (Jabar). 

Latar belakang Agus yang merupakan mantan anggota DPR daerah pemilihan Jabar pun menguatkan opini publik tersebut. Apalagi ditambah fakta bahwa Agus merupakan anak dari Ginandjar Kartasasmita, salah satu tokoh berpengaruh di Jabar yang pernah menduduki sejumlah posisi penting, termasuk ketua DPD.

"Agus Gumiwang ini anak dari tokoh di Jabar yang dihormati. Ini akan mengakomodasi Jabar dalam konteks politik," ujar Direktur Riset Populi Center, Usep Saeful Ahyar, Sabtu (25/8).

Menurut Usep, terpilihnya Agus berkaitan dengan suara Jokowi di pemilu sebelumnya, yang mendapatkan perolehan cukup jauh di Jabar. 

Inisiator Gerakan Muda Partai Golkar (GMPG) Sirajuddin Abdul Wahab membantah adanya maksud lain di balik penunjukan Agus. Menurutnya, komunikasi antara Presiden Jokowi dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato dalam memilih Agus didasarkan pada pertimbangan prestasi.