Adu jurus dan perjudian relawan tiga kandidat

Kelompok-kelompok relawan terus bermunculan jelang Pilpres 2024.

Ilustrasi tiga capres Pilpres 2024. Alinea.id/Firgie Saputra

Sahabat Ganjar Pranowo (SGP) tengah "tiarap". Sejak beberapa pekan terakhir, kelompok relawan pendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu tak lagi "gila-gilaan" mempromosikan Ganjar untuk Pilpres 2024. Menggantikan kampanye politik di ruang publik, SGP kini sibuk bermanuver di balik layar. 

"Jadi, kami disuruh Pak Ganjar untuk mengurangi kegiatan relawan dulu. Tidak enak dengan PDI-P. Ini masih simpang-siur dan belum jelas sikap PDI-P," kata Ketua Dewan Pembina SGP Mussadad saat berbincang dengan Alinea.id, Senin (12/12).

Oktober lalu, Ganjar ditegur PDI-P lantaran menyatakan siap maju di Pilpres 2024 dalam wawancara dengan sebuah stasiun televisi. Pernyataan Ganjar dianggap membingungkan publik. Pasalnya, PDI-P hingga kini belum mendeklarasikan kandidat untuk Pilpres 2024. 

Meskipun hampir selalu merajai papan survei beragam lembaga, Ganjar belum diusung PDI-P. Putri Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani diisukan jadi "pengganjal". Pasalnya, Puan dikabarkan berhasrat untuk maju menjadi capres. 

Kelompok relawan, kata Mussadad, tak ingin turut memperkeruh suasana di internal PDI-P. Itulah kenapa SGP setuju untuk menahan diri dengan tidak menggelar agenda kampanye besar-besaran.