AHY terbitkan instruksi 'lawan' corona untuk kader Demokrat

Salah satunya, mengurangi atau meniadakan kegiatan yang mengharuskan pertemuan fisik hingga pengerahan massa.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyampaikan pidato kemenangannya saat Kongres V Demokrat, Jakarta, Minggu (15/3/2020). Foto Antara/M. Risyal Hidayat

Para kader Partai Demokrat diminta membantu masyarakat dan tenaga medis menangani pandemi coronavirus anyar (Covid-19). Perintah tertuang dalam instruksi yang diterbitkan ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Bantuan bisa dalam bentuk perlengkapan medis. Seperti masker, hand sanitizer, sarung tangan, alat pelindung diri (APD) untuk medis. Maupun cairan disinfektan untuk ruang-ruang publik," katanya melalui keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Selasa (24/3).

AHY juga memerintahkan Ketua Fraksi Demokrat DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), membantu pemerintah melakukan tiga hal. Pertama, realokasi anggaran dan prioritas pembiayaan untuk penanganan SARS-CoV-2. Macam menambah kapasitas fasilitas kesehatan (faskes) dan tenaga medis.

Kemudian, merumuskan dan menjalankan kebijakan (policy response) serta menanggulangi gejolak ekonomi. Juga mendorong pemerintah bekerja sama dengan negara lain. Khususnya, pengadaan alat tes Covid-19.

Putra sulung Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ini mengklaim, gerakan tersebut bagian dari implementasi enam rekomendasi Demokrat yang terbit 20 Maret 2020. Di mana ditujukan mendukung segala upaya pemerintah dalam menangani Covid-19.