Inisiator GMPG: Airlangga Hartarto belum masuk dalam kontestasi pencapresan

Berkaca dari berbagai hasil survei, elektabilitas Airlangga Hartato masih terus menerus berputar di bawah angka nol koma persen.

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Dokumentasi Partai Golkar

Inisiator Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) Almanzo Bonara menilai, terdapat anomali di tubuh Partai Golkar menjelang Pilpres 2024. Meski begitu kuat dan lantang menyuarakan Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden, namun elektabilitasnya masih jauh dari harapan.

"Kondisi ini jelas bertolak belakang dengan harapan. Sebab, performa Airlangga Hartarto dipandang belum layak masuk dalam panggung kontestasi pencapresan nanti," ujar Almanzo dalam keterangannya, Kamis (27/1).

Menurut Almanzo, langkah-langkah konsolidasi partai seharusnya telah dilakukan, misalnya dengan menggerakan semua instrumen partai. Mengingat, berkaca dari berbagai hasil survei, elektabilitas Airlangga Hartato masih terus menerus berputar di bawah angka nol koma persen.

Tentunya, kata dia, hal ini memperkuat asumsi publik bahwa Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum Partai Golkar dan calon presiden kurang mendapat simpati publik, termasuk tidak mendapatkan dukungan yang kuat dari rakyat.

"Terbukti, konsolidasi partai yang dilakukan selama ini tidak mampu mendongkrak Airlangga Hartarto secara elektoral selaku calon presiden," ujar dia.