Arah koalisi PAN akan ditentukan pada 21 Mei 2019

"Di tanggal 21 saya akan bikin pernyataan," kata Zulhas.

Presiden Joko Widodo (tengah) duduk berdampingan dengan Wapres Jusuf Kalla (kanan) dan Ketua MPR Zulkifli Hasan (kiri) ketika menghadiri buka puasa bersama pimpinan lembaga tinggi negara di Rumah Dinas Ketua MRR Kawasan Widya Chandra Jakarta. Antara Foto

Arah Partai Amanat Nasional ke depan usai perhelatan pemilihan umum atau pemilu akan ditentukan pada Selasa, 21 Mei 2019. Pernyataan sikap tersebut nantinya akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. 

Zulkifli Hasan mengatakan, partainya akan segera menyatakan sikap usai gelaran pemilu. Namun, Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan itu enggan merinci isi pernyataan yang akan menentukan sikap partai yang didirikan 23 Agustus 1998 tersebut.

“Nanti, besok, di tanggal 21 saya akan bikin pernyataan,” kata Zulhas di Twin Plaza Hotel, Slipi, Jakarta Pusat, pada Minggu 19 Mei 2019.

Sebelumnya, isu PAN akan berbalik arah merapat ke petahana mengemuka pascapertemuan antara  Zulkifli Hasan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Pertemuan itu berlangsung usai pelantikan Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, pada Rabu (24/4).

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily, mengatakan pertemuan tersebut bukanlah pertemuan biasa. Sebab, bisa jadi pertimbangan bagi PAN untuk memutuskan arah koalisi ke depan untuk bergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja.