Bahasa Indonesia sangat strategis dipelajari masyarakat Australia

Kuliah umum Dubes RI menyasar kepada dosen, peneliti dan mahasiswa di Australia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Australia dan Vanuatu, Siswo Pramono memberikan kuliah umum di Monash University. Foto: Kemendikbud Ristek.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Australia dan Vanuatu Siswo Pramono menyebut, Bahasa Indonesia sangat strategis dipelajari masyarakat Australia, mengingat intensitas hubungan kedua negara semakin meningkat.

Sebelumnya, Indonesia dan Australia telah menandatangani Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IACEPA), suatu kerja sama ekonomi yang mampu mempercepat penguatan hubungan ekonomi Indonesia dan Australia.

Dubes Siswo dalam kuliah umum bertema "The Rise of Asia: In the Context of Indonesia-Australia Relations" mengatakan, kerja sama ekonomi dan bisnis antara kedua negara dapat terjalin lebih lancar jika pemahaman budaya melalui pendidikan Bahasa Indonesia dapat dipelajari dengan baik. 

"Edukasi Bahasa Indonesia yang baik akan membantu masyarakat dan para pebisnis Australia memahami masyarakat Indonesia dengan lebih baik pula, dan oleh karenanya kerja sama ekonomi dapat terjalin semakin berkelanjutan," kata Siswo dalam keterangan pers, Jumat (25/3).

Dalam kuliah umum ini, Siswo menyampaikan apresiasi kepada Monash University sebagai salah satu universitas di Australia yang masih memiliki komitmen tinggi dalam mempertahankan program studi Indonesia dan Bahasa Indonesia.