Bamsoet klaim dapat dukungan 367 suara dari DPD Golkar

Bamsoet menyebut pendukungnya ingin ada perubahan di Golkar, termasuk target Pilpres 2024.

Calon Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo dan Airlangga Hartato. Bamsoet mengklaim mendapat dukungan dari bawah yang menginginkan perubahan di Golkar./Antara Foto

Persaingan merebut suara menjadi Ketua Umum Golkar makin ketat. Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang disebut bakal maju menjadi ketua umum, optimis mampu memenuhi syarat dukungan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD). 

Bamsoet mengklaim mendapat dukungan 367 suara dari DPD untuk maju sebagai calon ketua umum. Meski begitu, ia masih menunggu perkembangan selanjutnya untuk mencalonkan diri.

"Ya kita lihat nanti perkembangan selanjutnya," kata Bamsoet di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (18/11).

Untuk mencalonkan diri sebagai ketua umum, para kandidat minimal syarat mendapat dukungan 30% dari DPD I. Dengan demikian, jika seorang bakal calon tidak mendapat dukungan 30%, maka otomatis ketua umum dipilih secara aklamasi. 

Bamsoet mengatakan, tidak dalam posisi mendukung atau menolak aklamasi seperti yang diharapkan terjadi oleh kubu Airlangga Hartarto. Sebaliknya, Bamsoet mengatakan menyerahkan sepenuhnya kepada pemilik suara.