Bela kader, AHY tolak sistem pemilu proporsional tertutup

AHY menilai, sistem pemilu proporsional tertutup hanya akan melemahkan semangat kader partai politik.

AHY sebut terorisme tak memiliki agama. Foto:

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyatakan partainya menolak wacana mengembalikan sistem pemilu proporsional tertutup di pemilihan anggota legislatif (pileg) 2024. AHY menilai, sistem pemilu proporsional tertutup hanya akan melemahkan semangat kader partai politik yang telah bersusah payah merebut hati konstituen.

"Jangan sampai yang telah berjibaku, telah berkeringat membangun konstituen, mendekati rakyat, kemudian melemah semangatnya karena terjadi perubahan sistem pemilu secara tiba-tiba," kata AHY dalam konferensi pers di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/1).

Menurut AHY, setiap parpol yang menolak sistem pemilu proporsional tertutup, termasuk Partai Demokrat, punya kepentingan yang sama, yakni memastikan setiap kader untuk maju di Pileg 2024.

"Kita ingin seluruh kader Partai Demokrat juga memliki peluang dan ruang yang adil. Karena kita sekali lagi berharap semua bisa menggunakan haknya, baik untuk dipilih maupun dipilih," ujarnya.

Selain alasan kader, AHY mengatakan, Partai Demokrat sejak awal menolak sistem pemilu proporsional tertutup karena hak rakyat dirampas dalam kehidupan berdemokrasi. Jika terjadi atau diberlakukan sistem pemilu proporsional tertutup, artinya warga negara tidak bisa memilih wakil-wakil rakyatnya secara langsung,