Belasan ribu orang login PSI, Kaesang effect?

Sejak Kaesang memimpin PSI hingga 3 Oktober, sebanyak 13.267 orang diklaim telah bergabung (login).

Belasan ribu orang diklaim bergabung atau login menjadi kader PSI, apakah benar karena kehadiran Kaesang Pangarep (Kaesang effect)? Twitter/@RajaJuliAntoni

Belasan ribu orang diklaim bergabung Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pascaputra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, menjadi Ketua Umum pada 25 September 2023. Sejak saat itu hingga 3 Oktober, sebanyak 13.267 orang telah bergabung (login) ke partai berlambang bunga mawar ini.

Empat anggota Fraksi Partai Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) & Partai Berkarya DPRD Kabupaten Tanimbar, Maluku, misalnya. Mereka adalah Ricky Jauwerissa (Wakil Ketua DPRD), Richie Laurens Angito (Ketua Fraksi PKP & Berkarya), Gehasi Rumkedy (Ketua Komisi C), dan Semuel Lilimwelat (Wakil Ketua Komisi C). 

Kendati baru bergabung, PSI menyodorkan keempatnya sebagai calon legislatif (caleg) ke depannya. "Maju ke DPRD," kata Kaesang saat memberikan keterangan pers tentang bergabungnya Ricky dkk di Kantor DPP PSI, Jakarta, pada Selasa (31/10).

Ricky menyampaikan, bergabung dengan PSI karena kehadiran Kaesang sebagai nahkoda dan dinilai tegak lurus dengan Presiden Jokowi. Dalih lainnya, PKP dan Partai Berkarya tidak lolos menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sehingga tidak bisa melanjutkan cita-cita membangun daerah.

"Yang ikut dengan kami [ke PSI] pun kalau ada karena Kaesang effect atau kami tegak lurus bersama Pak Jokowi. Jadi, bukan karena PDIP-nya (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), [tetapi] karena Pak Jokowinya, karena Mas Kaesangnya," ujarnya.