Cawagub DKI harus memiliki kualifikasi seperti Sandi

Nurmansjah Lubis mempunyia rekam jejak yang kuat di bidang keuangan, sedangkan Ahmad Riza Patria adalah tokoh yang aktif di KNPI.

Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah resmi mengusulkan nama Riza Patria dan Nurmansjah Lubis sebagai calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta. Sumber: Facebook masing-masing calon

Calon wakil gubernur DKI Jakarta harus memiliki kualifikasi seperti wagub DKI sebelumnya, Sandiaga Uno. Selain itu, cawagub DKI harus banyak mengetahui tentang Jakarta.

"Harus paham mengenai DKI Jakarta, geografis, sejarah dan perda strategis di DKI," kata Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani di Jakarta, Rabu (29/1).

"Paling tidak (wagub yang baru) skalanya enggak kalah kayak Pak Sandiaga Uno, kalau Pak Sandiaga sepuluh, paling tidak cawagub DKI itu harus sembilan nilainya," lanjutnya.

Zita menjelaskan cawagub DKI juga harus melalui proses uji kelayakan. Hal itu penting dilakukan terutama untuk membuktikan keseriusan sekaligus mengetahui konsep cawagub DKI dalam menangani masalah Jakarta, seperti banjir.

"Kenapa ada yang tidak setuju? Itu justru itu jadi pertanyaan publik. Katanya calonnya top. Katanya sudah pasti orang-orang terbaik. Kenapa takut ada fit adn proper test," kata dia.