Cawapres Jokowi diputuskan satu hingga dua minggu ini

Jokowi pun masih menimbang sejumlah tokoh yang akan mendampinginya sebagai cawapres.

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kedua kanan), Menko Polhukam Wiranto (kiri) dan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding (kanan) menghadiri Harlah ke-20 PKB di Hotel Sahid, Jakarta./Antara Foto

Calon wakil presiden atau cawapres pilihan Joko Widodo (Jokowi) masih misteri. Enggan menyebut nama pasti pendampingnya, Jokowi justru mendorong adanya kompetisi ketua umum partai politik (parpol) untuk bersaing menjadi cawapresnya. 

Jokowi saat menghadiri peringatan Hari Lahir Ke-20 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Hotel Grand Sahid Jaya pada Minggu malam (22/7) mengatakan masih ada kesempatan cawapresnya ingin bersaing. Sampai saat ini belum ada keputusan siapa tokoh yang akan mendampinginya sebagai cawapres untuk Pemilihan Presiden (pilpres) 2019. 

Meski sering bertemu sejumlah ketua umum parpol seperti PDI Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Hanura dan PKB, namun belum ada keputusan nama cawapres. Jokowi pun masih menimbang sejumlah tokoh yang akan mendampinginya sebagai cawapres, kemungkinan cawapres Jokowi baru akan diputuskan dalam satu hingga dua minggu ini.

"Seperti yang disampaikan Muhaimin Iskandar, janur belum melengkung," seloroh Jokowi menjelaskan pernyataan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini telah mengerucutkan lima nama dari 10 tokoh pilihan, namun belum menyebutkan lima nama cawapres tersebut. Sekretaris Kabinet Pramono Anung pun menambahkan kalau Presiden masih mengkonsultasikan kelima nama itu kepada sejumlah ketua umum partai.