CiGMark survei elektabilitas 18 tokoh, 4 nama teratas terdongkrak eksposur media

Temuan survei terhadap elektabilitas 18 tokoh menunjukkan empat nama teratas.

Konferensi pers hasil survei CiGMark di Jakarta, Selasa (5/7). Foto Alinea.id/Gempita Surya

Pendiri lembaga riset CiGMark Setia Darma menilai, eksposur atau sorotan media terhadap mereka yang digadang-gadang sebagai kandidat calon presiden atau calon wakil presiden membuat publik lebih mengenal sosok tersebut. Menurutnya, ini berpotensi memicu peningkatan elektabilitas dari tokoh tersebut.

Hal ini berkaitan dengan hasil survei Peta Dukungan Calon Presiden 2024 yang dirilis CiGMark, Selasa (5/7). Temuan survei terhadap elektabilitas 18 tokoh menunjukkan empat nama teratas, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil.

"Eksposur ke publik akan membuka wawasan masyarakat terhadap sosok tersebut. Masyarakat merasa perlu mencari, dan akhirnya mereka memutuskan suka atau tidak," ujar Setia dalam keterangannya usai konferensi pers di Jakarta, Selasa (5/7).

Setia menyebut, hasil survei elektabilitas masih didominasi oleh Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Kendati demikian, menurutnya, posisi Ketum Gerindra cenderung stagnan karena kurangnya sorotan.

"Prabowo Subianto saya lihat tidak ada perubahan, belum terekspose cukup banyak oleh media, kemudian masih banyak diam," katanya.