Deklarasi capres Sam Aliano, upaya menabung pengaruh

Setelah sebelumnya JOSS mendeklarasikan Jokowi-Susi sebagai calon pemimpin 2019. Kini muncul #Save2019 yang dorong Sam Aliano nyapres.

Deklarasi Sam Aliano sebagai calon presiden (capres)2019. (Robi/ Alinea)

Sekelompok masyarakat yang tergabung dalam #Save2019 kemarin, Kamis (26/4) mendeklarasikan bendahara Partai Idaman Sam Aliano sebagai calon RI-1 di pemilu mendatang. Tak tanggung-tanggung, sejumlah perempuan seperti Susi Pudjiastuti dan mantan istri Ahok Veronica Tan, didapuk sebagai sosok paling cocok menjadi pendamping Sam.

Sam sendiri di mata mereka adalah figur nasionalis yang punya misi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam spanduk dan billboard kampanyenya, ia selalu menawarkan dua program penting, umroh gratis dan menghapus utang Indonesia.

Program terakhir itu menurutnya, menjadi faktor penghambat kenapa perekonomian Indonesia gagap dan sukar maju. Selain itu, imbuhnya, utang juga merusak struktur ekonomi rakyat dan menjadi beban berat anak cucu.

Janji Sam ini tak akan terwujud tanpa bantuan calon wakil presiden (cawapres) yang juga kompeten. Nama Susi dan Veronica ditunjuk karena mereka menjadi representasi perempuan hebat, cerdas, dan melambangkan "Kartini zaman now".

Lebih detail dia menyebut, sosok Veronica mendatangkan hoki, sehingga bisa mengantarkan Ahok menjadi Gubernur DKI di periode silam.