Demokrat respons positif pertemuan Prabowo-Paloh

Prabowo sepakat dengan Surya Paloh untuk menjaga suasana yang damai.

Kunjungan balasan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Minggu (5/3/2023). Foto: twitter.com/NasDem

DPP Partai Demokrat merespons baik pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Meski berbeda pilihan di Pilpres 2024, pertemuan tersebut dinilai sebagai upaya membangun soliditas.

"Soliditas parpol-parpol di Parlemen harus diperkuat dalam menghadapi kekuatan di balik layar yang berupaya menunda pemilu. Dari berupaya mengubah sistem proporsional terbuka menjadi tertutup, sampai berupaya menunda pemilu," ujar Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra kepada wartawan, Senin (6/3).

Menurut Herzaky, pihaknya meyakini bakal calon presiden (bacapres) dari bakal koalisi lain banyak yang petarung juga. Menurutnya, bacapres dari koalisi lain siap berlaga dalam kontestasi yang jujur dan adil menghadapi bacapres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan. 

"Tentu mereka-mereka ini tidak akan ikut-ikut tergoda, mengembalikan negeri ini ke masa kegelapan demokrasi seperti di Orde Baru. Berupaya menunda pemilu 2024, ataupun malah mengembalikan ke pemilihan presiden melalui MPR," tegasnya.

Dia menambahkan, nakhoda partainya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, selalu menekankan pentingnya komunikasi dan silaturahmi lintas partai lintas elemen bangsa. Sejatinya, kata dia, Bangsa Indonesia sejak awal dibangun atas kebersamaan berbagai suku, agama, ras, dan golongan yang berbeda-beda.