Doni Monardo jelaskan soal pengembalian reagen di DPR

Doni Monardo benarkan adanya retur ratusan ribu reagen.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo saat memberikan keterangan Covid-19 di Graha BNPB Jakarta, Jumat (27/3/2020)/Foto Antara/Nova Wahyudi.

Anggota Komisi IX DPR RI, Yahya Zaini meminta klarifikasi kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo terkait pengembalian alat deteksi virus (reagen) dari sejumlah laboratorium rujukan Covid-19.

"Adanya reagen yang dikembalikan dari daerah-daerah. Kenapa bisa terjadi ini Pak? Konon katanya ada merek yang tidak sesuai dengan standar WHO," ujar Yahya, dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI yang disiarkan secara virtual, Senin (15/3).

Menanggapi pertanyaan tersebut, Doni mengonfirmasi adanya reagen yang dikembalikan oleh beberapa laboratorium rujukan pemeriksaan Covid-19.

"Memang betul ada ratusan ribu reagen, tetapi bukan reagen PCRnya, tetapi RNAnya yang dikembalikan oleh sejumlah laboratorium pada Agustus sesuai dengan temuan dari BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan)," tutur Doni.

Doni menjelaskan, kehadiran BPKP ditujukan untuk mengahdirkan akuntabilitas dalam setiap pengadaan barang dan jasa di Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang berubah menjadi Satgas Penanganan Covid-19.