DPR: Benny Wenda tak paham Pancasila

Keberadaan Papua Barat sudah sesuai konstitusi dan Pancasila.

Pemimpin kemerdekaan Papua Barat dan Ketua Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat Benny Wenda/Foto Twitter @BennyWenda.

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin menyebut pemimpin kemerdekaan Papua Barat dan Ketua Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat (ULMWP), Benny Wenda, tak paham Pancasila.

Azis menegaskan, keberadaan Papua Barat sudah sesuai dengan konstitusi Indonesia dan Pancasila. Bahkan, telah mendapatkan pengakuan dunia internasional.

"Benny Wenda ini tidak paham Pancasila, justru Pancasila menjadi dasar pemersatu bangsa. Dalam konsep Pancasila, Papua maupun Papua Barat merupakan inti dari kerangka NKRI, dan dunia internasional pun mengakui wilayah NKRI secara utuh," ujarnya kepada wartawan, Rabu (2/12).

Politikus Golkar ini mengutuk deklarasi kemerdekaan Papua Barat Barat karena dinilai tidak memiliki dasar yang jelas. Masyarakat Papua Barat, jelas Aziz, tidak terlibat dalam pembentukan ULMWP.

"Tindakan para oknum atas klaim di luar kerangka NKRI adalah hal yang tidak terpuji dan tidak memiliki dasar yang jelas. Klaim sepihak seperti ini kita kutuk secara tegas, dan juga bagi yang mendukung kita akan tindak secara tegas," kata Aziz.