DPR sarankan Kemendikbud tunda KBM tatap muka

KBM tatap muka di tengah pandemi Covid-19 membuat situasi panik.

Pengecekan suhu tubuh siswa sebelum mengambil token ujian penilaian akhir tahun PAT di SMK Dwija Bhakti, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (2/6)/Foto Antara/ Syaiful Arif.

Anggota Komisi X DPR RI Ali Zamroni menyarankan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menunda kegiatan belajar mengajar tatap muka di daerah zona hijau yang jumlahnya hanya 6%.

“Kebijakan tersebut akan membuat masyarakat gusar dan bertanya-tanya mengenai jaminan keamanan jangka panjang bagi siswa dan guru,” kata Ali dalam keterangannya, Rabu (17/6).

Ali tak ingin kegiatan belajar mengajar (KBM) itu membuat situasi panik karena ketidaksiapan para orang tua siswa di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, banyak hal yang harus diatur kembali secara rinci apabila kegiatan belajat mengajar (KBM) tatap muka akan dilakukan, termasuk soal koordinasi dan sosialisasi Kemendikbud ke pemerintah daerah di zona hijau. 

Tak hanya soal koordinasi, hal lain yang harus diperhatikan ialah anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan KBM tatap muka.