Fit and proper test calon komisioner Komnas HAM mulai digelar

Terdapat 14 nama calon komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia periode 2022-2027.

Kantor Komnas HAM di Jakarta. Google Maps/Indra Wahyudi

Komisi III DPR mulai menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan untuk 14 calon komisioner Komnas HAM periode 2022-2027 di Senayan Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (30/9). Fit and proper test digelar di ruang rapat Komisi III DPR dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III, Pangerang Khairul Saleh.

"Uji kelayakan dan kepatutan Calon Komisioner Komnas HAM RI 2022-20227 yang saat ini dilaksanakan didasarkan pada keputusan rapat konsultasi pengganti rapat Bamus tanggal 19 September 2022 yang memberikan penugasan kepada Komisi III DPR untuk melakukan pembahasan fit and proper test Calon Komisioner Komnas HAM periode 2022-2027," kata Khairul saat membuka rapat fit and proper test calon komisioner Komnas HAM.

Khairul kemudian menjelaskan mekanisme fit and proper test Calon Komisioner Komnas HAM periode 2022-2027. Dia mengatakan, masing-masing calon akan diberikan waktu 30 menit untuk melakukan proses fit and proper test termasuk di dalamnya penyampaian visi misi calon selama 5 menit, pertanyaan atau respons masing-masing fraksi atas visi-misi calon selama 3 menit serta jawaban calon atas pertanyaan fraksi.  

"Setelah uji kelayakan dan kepatutan, calon diminta menandatangani surat pernyataan bermaterai yang telah disediakan komisi III DPR," ujar Khairul.

Diketahui, Tim Panitia Seleksi (Pansel) telah mengumumkan 14 nama calon komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia periode 2022-2027 yang akan lanjut ke tahap uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di DPR RI.