Forum Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Papua aksi damai dukung DOB

Perubahan Otsus telah memberikan dampak yang baik bagi pendidikan, kesehatan, tata kelola serta pembangunan SDM dan Infrastruktur di Papua.

Penanggung jawab aksi Charles Kossay dalam orasinya menyampaikan, DOB Papua adalah solusi bagi pemerataan pembangunan. Foto istimewa

Forum Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Peduli Pembangunan di Tanah Papua menggelar aksi demo mendukung pengesahan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Tanah Papua. Aksi damai berlangsung di dua tempat, yaitu Patung Kuda, Jakarta Pusat, dan Gedung DPR/MPR, Senayan.

Aksi yang diikuti sekitar 200 pemuda dan mahasiswa asal Papua tersebut berlangsung kondusif. Massa memulai aksi di area Patung Kuda pada pukul 10.30 WIB, dilanjutkan aksi di Senayan pada pukul 13.00 WIB, Selasa 7 Juni 2022.

Penanggung jawab aksi Charles Kossay dalam orasinya menyampaikan, DOB Papua adalah solusi bagi pemerataan pembangunan, ditambah lagi selama ini adanya perubahan Otsus telah memberikan dampak yang baik bagi pendidikan, kesehatan, tata kelola serta pembangunan SDM dan Infrastruktur di Papua. Sehingga Papua bisa bersaing dengan daerah lain di Indonesia.

"Kami Forum Mahasiswa Orang Asli Papua (OAP) untuk DOB se-Jabodetabek dengan ini menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas prakarsa pemerintah dan DPR untuk membentuk DOB di tanah Papua, rumah bersama kami dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ungkap Charles.

Ditambahkan dia, prakarsa tersebut bukan tanpa alasan yang kuat, karena pemekaran DOB akan meletakkan kesejahteraan tanah Papua dan OAP sejajar dengan saudara-saudaranya di provinsi lain Indonesia.