Gibran dan Emil Dardak tenar di media, bagaimana di medsos?

Gibran Rakabuming Raka hingga Emil Elestianto Dardak menjadi politisi muda terpopuler di media, bagaimana di media sosial?

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Keberadaan politisi muda di Tanah Air memang bukan hal yang baru. Kaum muda hampir selalu hadir dalam tonggak-tonggak penting politik bangsa ini. Mulai dari Sumpah Pemuda hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, kaum muda memiliki peranan penting dalam politik.

Kini, geliat politisi muda di Indonesia banyak menjadi sorotan. Politisi muda dalam konteks ini dimaknai sebagai orang yang usianya tidak lebih dari 40 tahun. 

Dalam catatan Indonesia Indicator (I2), putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Surakarta menjadi sosok yang paling banyak diberitakan media. Diikuti oleh saudara iparnya, Muhammad Bobby Afif Nasution, Wali Kota Medan yang juga menjadi media darling sepanjang 2022. 

Selain yang berkaitan dengan kebijakan daerah, Gibran dan Bobby juga ikut terdongkrak karena kerap dikaitkan dengan Presiden Jokowi serta pernikahan adiknya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono beberapa waktu lalu.

Nama-nama lain yang juga banyak diberitakan media ada Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulawesi Selatan; Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur; dan Audy Joinaldy, Wakil Gubernur Sumatera Barat.