Golkar apresiasi Partai Nasdem umumkan Anies Baswedan sebagai capres

Golkar hormati independensi setiap partai politik dalam menentukan calon presiden dan calon wakil presiden.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan sambutannya dalam acara deklarasi pencapresannya pada 2024 oleh Partai NasDem di kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, pada Senin (3/10/2022). Twitter/@NasDem

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, mengapresiasi Partai Nasdem yang telah mengumumkan calon presidennya (capres), Anies Baswedan. Menurut dia, dengan munculnya calon-calon presiden lebih awal, masyarakat punya kesempatan dan waktu untuk menilai calon-calon terbaiknya untuk memimpin Bangsa Indonesia dalam lima tahun ke depan. 

"Jadi, semakin jauh partai-partai politik ini memberikan pilihan-pilihan gitu yah saya kira ini semakin baik buat demokrasi kita," kata Doli Kurnia di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10).

Doli mengatakan, partainya menghormati independensi setiap partai politik dalam menentukan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres). Selain itu, keputusan Partai Nasdem tidak memutuskan komunikasi dengan kedua belah pihak.

"Saya kira kan setiap keputusan apapun yang diambil oleh partai politik itu tidak akan merubah misalnya pola komunikasi antar partai politik gitu yah. Kita tidak ada yang saling menutupi, saya kira juga sama dengan Nasdem ya artinya sekalipun contoh ya Golkar," kata Ketua Komisi II DPR ini.

Di sisi lain, Doli mengatakan, Partai Golkar sudah memiliki capresnya sendiri yakni Ketua Umum Airlangga Hartarto. Kendati demikian, komunikasi dengan dua parpol lainnya di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yakni PPP dan PAN masih terus dilakukan.