Golkar usung Airlangga, PAN berpotensi usung Ganjar dan Anies

PAN menanggapi sikap Golkar yang masih konsisten mengusung Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024

Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay Partaonan. Foto: dpr.go.id.

Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay Partaonan mengatakan, partainya membuka peluang mengusung calon presiden dan calon wakil presiden dari kader dan nonkader. Menurut Saleh, dari kader PAN terdapat nama Ketua Umum PAN Zulfikli Hasan dan politikus senior Hatta Rajasa dan Soetrisno Bachir. Sementara nonkader, PAN berpotensi mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hal ini disampaikan Saleh Daulay menanggapi sikap Partai Golkar yang masih konsisten mengusung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai capres pada 2024.

"Kalau dari luar (nonkader) banyak. Ada Anies Baswedan, Erick Thohir, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, dan yang lainnya. Tetapi kan belum diputuskan," ujar Saleh kepada wartawan, Jumat (3/6).

Saleh menerangkan, PAN terus melakukan penjajakan dan pengkajian terhadap kandidat capres-cawapres yang ada, baik kader maupun non-kader. Dia mengaku pihaknya tidak khawatir karena waktunya masih lama dan terdapat banyak opsi untuk mengusung kandidat capres yang ada.

"Ada berbagai macam kemungkinan yang bisa diputuskan. PAN tidak khawatir. Ada banyak calon yang mumpuni, sedapat mungkin dari internal. Jika tidak, tentu harus rasional dan realistis memilih opsi lain dari luar," ucap Saleh.