Hari ini Jokowi panggil 9 orang calon menteri lagi ke Istana

Presiden Joko Widodo akan kembali memanggil 7-9 orang tokoh bakal calon menteri ke Istana Negara pada Selasa (22/10) setelah 11 orang.

Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta. / Antara Foto

Presiden Joko Widodo akan kembali memanggil 7-9 orang tokoh bakal calon menteri ke Istana Negara pada Selasa (22/10) setelah sehari sebelumnya 11 orang sudah memenuhi panggilan.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, Presiden Jokowi akan kembali mengundang calon-calon menteri kabinet kerja jilid II sebelum diumumkan secara resmi. 

"Ada 7-9 orang besok. Tentu tidak semua bakal calon menteri dipanggil oleh presiden karena ada yang sudah memiliki chemistry," ujar Ngabalin dalam sebuah wawancara secara langsung di stasiun televisi swasta Metro TV, Senin (21/10).

Menurut dia, calon-calon menteri yang telah ada di kabinet kerja jilid I dan bakal kembali diangkat oleh Jokowi, tidak akan dipanggil ke Istana Negara. Sebab, Jokowi sudah memiliki pemahaman dan komunikasi langsung tanpa perlu diskusi ulang.

Meski demikian, Ngabalin memastikan adanya perubahan nomenklatur kementerian pada kabinet kerja jilid II. Sehingga, ada sejumlah kementerian yang dihapuskan, dan ada pula yang ditambah.