Ketua ICMI: Indonesia butuh tokoh lintas sekat seperti Taufiq Kiemas

"Kita sangat memerlukan tokoh seperti beliau, terutama saat ini sedang kita berada di suasana tegang penuh perpecahan pascapemilu."

Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie dalam Peringatan 118 tahun lahirnya Bung Karno, Haul Keenam Wafatnya Taufiq Kiemas, dan Halal bi Halal Persatuan Alumni GMNI di Gedung PA GMNI, Jakarta, Sabtu (8/6). Alinea.id/Valerie Dante

Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie mengatakan, Indonesia membutuhkan keteladanan tokoh-tokoh seperti almarhum Taufiq Kiemas, yang mudah melintasi sekat golongan dan kelompok di masyarakat.

"Kita sangat memerlukan tokoh seperti beliau, terutama saat ini sedang kita berada di suasana tegang penuh perpecahan pascapemilu," tutur Jimly saat sambutannya dalam "Peringatan 118 tahun lahirnya Bung Karno, Haul Keenam Wafatnya Taufiq Kiemas, dan Halal bi Halal Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)" di Gedung PA GMNI, Jakarta, Sabtu (8/6).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menilai, tokoh seperti Taufiq Kiemas merupakan sosok yang berjuang untuk membangun inklusivitas di Indonesia. Dia berharap akan ada sosok politik baru yang memiliki prinsip inklusivitas dan melintasi batasan ideologi politik.

"Sama seperti Taufiq Kiemas, generasi muda sekarang juga perlu sadar untuk tidak mengukung diri dalam kebenaran yang eksklusif, coba buka diri," ujarnya.

Jimly mengatakan, Taufiq merupakan orang yang menghargai perbedaan dan berupaya keras menjaga pluralitas bangsa Indonesia.