Incar kursi ketua MPR, Fadel Muhammad lobi lima fraksi

Fraksi DPD terus melakukan lobi kepada seluruh fraksi, sekaligus ikut melakukan lobi dalam rapat gabungan.

Calon pimpinan MPR mewakili DPD Fadel Muhammad (kedua kiri) berjabat tangan dengan anggota DPR fraksi Partai Nasdem Johnny G Plate (kanan) sebelum rapat gabungan pimpinan sementara MPR dengan perwakilan fraksi dan kelompok DPD di ruang KK V, Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (3/10)./AntaraFoto

Untuk memudahkan langkah menduduki jabatan ketua MPR, senator dari Gorontalo Fadel Muhammad mengaku telah melobi beberapa fraksi dari partai pemenang pemilihan umum (pemilu), seperti PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, dan PKB. 

Hal itu telah diakukan sejak 30 September 2019. "Kami sudah bicarakan ini semua. Satu paket full," terang Fadel di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).

Kendati demikian, Fadel tidak membeberkan hasil pertemuan dengan keempat partai tersebut kepada wartawan. Fadel hanya berujar, setidaknya telah menginformasikan kalau DPD telah mendaulat dirinya sebagai calon ketua MPR.

"Kelompok berikutnya Gerindra. Sudah janjian mau bertemu mereka untuk membicarakan bagaimana posisi yang ada," tutur Fadel.

Sementara itu, Sekretaris DPD Abraham Liyanto mengatakan, DPD telah menyepakati mendukung nama Fadel sebagai ketua MPR. Dukungan resmi berdasarkan kesepakatan anggota DPD. Sebanyak 36 anggota DPD satu suara mendukung Fadel.