Internal PPP bergejolak, PAN jamin KIB masih solid

Sudah dua kali para pimpinan Majelis DPP PPP meminta Ketua Umum Suharso Monoarfa mundur.

Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan (jas biru); Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto (jas kuning); dan Ketua Umum DPP PPP, Suharso Monoarfa (jas hijau); saling bergandengan usai mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 di kantor KPU RI, Jakarta, pada Rabu (10/8/2022). Alinea.id/Marselinus Gual

Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih solid di tengah gejolak internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP). KIB beranggotakan PAN, PPP, dan Partai Golkar.

"KIB hari ini sangat solid, sangat solid," kata Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno, Kamis (1/9).

Internal PPP tengah mengalami gejolak menyusul adanya desakan agar Ketua Umum (Ketum) Suharso Monoarfa mengundurkan diri. Desakan juga datang dari ketiga Majelis DPP PPP, yang tertuang di dalam surat tertanggal 22 Agustus 2022.

Sepekan kemudian, terbit surat kedua dari Majelis Syariah, Majelis Pertimbangan, dan Majelis Kehormatan PPP. Isinya tetap sama: kembali mendesak Suharso Monoarfa mundur dari kursi ketum.

Eddy enggan mengomentari gejolak internal PPP. Namun, dia memastikan KIB terus melakukan berbagai agenda dan kegiatan di daerah.