Jagoan PDIP muncul, koalisi pendukung RK gaduh

PPP menginginkan Ridwan Kamil berpasangan dengan kadernya Uu Ruzmanul Ulum sedangkan PKB ingin Kang Emil dengan Maman Imanulhaq.

Ridwan Kamil saat mendatangi kantor DPP PDIP. (foto: Antara)

Ridwan Kamil (RK), Rabu (3/1) lalu, mendatangi kantor DPP PDIP untuk meminta dukungan dalam Pilgub Jawa Barat (Jabar) Juni mendatang. Sebelumnya, Nasdem, PPP dan PKB telah lebih dulu memastikan dukungan untuk Wali Kota Bandung itu.

Namun, belakangan muncul nama mantan Kapolda Jabar, Irjen Anton Charliyan yang diisukan akan dipasangkan dengan Ridwan Kamil oleh PDIP. Terkait rumor tersebut, Wakil Ketua Umum PPP, Arwani Thomafi mengaku tak ingin berandai-andai. Sebaliknya, partai berlambang kabah itu tetap menyodorkan Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzmanul Ulum sebagai pendamping Ridwan Kamil.

“Saya tidak melihat wacana itu (Ridwan Kamil-Anton Charliyan). Kita tidak sejauh itu berandai-andai. Iya (tetap menyodorkan Uu Ruzmanul Ulum),” terang Arwani saat dikonfirmasi Alinea, Jumat (5/1).

Ketua Umum DPP PPP, Romahurmuziy mengaku akan mempertimbangkan untuk mengevaluasi dukungan jika Ridwan Kamil (kang Emil) memilih Anton Charliyan sebagai pendampingnya.

"Kalau itu terjadi maka kami pertimbangkan keberadaan PPP dalam pengusungan Ridwan Kamil, kecuali kalau Pak Emil menjadi kader PDI Perjuangan, itu lain hal," ujar Romahurmuziy seperti dikutip dari Antara.