Jajaran menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin sudah final

Presiden Joko Widodo memastikan jajaran menteri kabinet kerja jilid II sudah rampung disusun dan akan diumumkan setelah 20 Oktober 2019.

Presiden Joko Widodo (kanan) menyambut kunjungan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10)/ Antara Foto

Presiden Joko Widodo memastikan jajaran menteri kabinet kerja jilid II sudah rampung disusun dan akan diumumkan setelah 20 Oktober 2019. Tepatnya setelah pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024.

Jokowi mengumumkan di akun Instagram terverifikasi miliknya @Jokowi pada Kamis (17/10) pagi. Dia menyebut Indonesia tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini.

"Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi," tulis Jokowi.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Johnny Gerard Plate mengatakan pembentukan kabinet dilakukan setelah Kepala Negara memanggil ketua umum partai politik dari koalisi pada Rabu (16/10).

"Iya benar sudah rampung. Presiden diskusi lagi dengan partai pengusungnya, kan baik lah? Karena masyarakat berspekulasinya luar biasa, manuver dan akrobatik politik yang berkembang recently (sekarang ini) juga luar biasa. Kan Presiden perlu bertemu supaya ambil keputusan dengan benar," kata Johnni kepada wartawan di Jakarta, Kamis (17/10).