Jalan politik putra-putri Bamsoet, Haji Lulung, dan Zulhas di Kebon Sirih

Tiga anak politikus kawakan mengikuti jejak ayah mereka setelah lolos ke DPRD DKI Jakarta.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2019-2024 mengucap sumpah jabatan saat pelantikan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8). /Antara Foto

Sebanyak 106 anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 Jakarta dilantik di Gedung DPRD Jakarta, Kebon Sirih, Senin (26/8) lalu. Selain muka-muka lama, wajah-wajah baru juga bermunculan. Tiga di antaranya ialah putra-putri politisi kawakan. 

Zita Anjani, putri Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas), lolos dari dapil V DKI Jakarta, sedangkan putra Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo lolos dari dapil II DKI Jakarta. 

Putra eks anggota DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana atau Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana lolos dari dapil X DKI Jakarta. Guruh 'mengisi' kursi kosong yang ditinggalkan Haji Lulung di DPRD. Pasalnya, Haji Lulung naik kelas setelah memastikan diri terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024. 

Pada Pileg 2019, Zita mengantongi nomor urut 01 dari PAN. Zita tak menepis keluarganya, khususnya sang ayah, berperan dalam membuka akses ke dunia politik. Namun, ia membantah terjun ke dunia politik berbasis 'aji mumpung'. 

"Saya sudah biasa yang kayak begini. Beliau memang inspirasi saya. Tapi, tidak tertutup pada saat tertentu pandangan kami berbeda. Jadi, yang kenal saya, pasti sudah tahu saya selalu bekerja keras untuk prinsip saya. Jadi, saya lebih merasa beban sosial yang besar bila tidak berhasil perform," ujar Zita kepada Alinea.id di Jakarta, Rabu (30/8) lalu.