Jelang perayaan Natal, Densus 88 tangkap 80 terduga teroris

Penangkapan terhadap terduga teroris langkah antisipasi untuk memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Tim Densus 88 melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris di Lampung. Antara Foto

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam), Irjen Pol Agus Andrianto, mengatakan sebanyak 80 terduga teroris diamankan tim Detasemen Khusu atau Densus 88 Mabes Polri menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

Menurut Irjen Agus, penangkapan kepada para terduga teroris tersebut dilakukan pihak Densus 88 sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya aksi teror di beberapa daerah di Indonesia menjelang perayaan Natal.

“Antisipasi teror ya dengan kegiatan (penangkapan) itu sudah dilakukan secara serentak di beberapa wilayah Indonesia. Kurang lebih 80 tersangka yang sudah dilakukan penangkapan," kata Irjen Agus saat meninjau arus mudik Libur Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (21/12).

Menurut Agus, penangkapan terhadap terduga teroris merupakan langkah antisipasi yang bertujuan untuk memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang merayakan Natal dan liburan Tahun Baru 2020.

"Tujuannya bukan hanya memberikan keamanan terhadap masyarakat yang merayakan (natal) tapi juga kepada seluruh warga masyarakat yang melakukan aktivitas selama perayaan natal dan tahun baru," katanya.