Jokowi-Maruf daftar ke KPU Jumat pagi

Setelah resmi meminang Maruf Amin, Joko Widodo bakal mendaftar sebagai pasangan Capres-Cawapres ke KPU pada Jumat pagi.

Joko Widodo dan ketua umum partai koalisi menggelar konferensi pers di rumah makan Pelataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8). Jokowi memilih Maruf Amin sebagai Cawapres. / (Foto: Robi Ardianto/Alinea.id)

Setelah resmi meminang Maruf Amin, Joko Widodo bakal mendaftar sebagai pasangan Capres-Cawapres ke KPU pada Jumat pagi.

Jokowi mengatakan keputusan meminang Maruf Amin telah disetujui oleh seluruh partai politik koalisi Indonesia Kerja. Rencananya, pendaftaran Capres-Cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan dilakukan pada hari terakhir tenggat waktu, Jumat (10/8) pukul 09.00 WIB.

"Besok pagi jam 9 akan ke KPU. Berangkat dari Gedung Juang 45 menuju KPU beserta ketua umum dan Sekjen dan seluruh relawan," kata Jokowi dalam konferensi pers di rumah makan Pelataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8).

Sementara itu, Jokowi menyebut pemilihan nama Maruf Amin lantaran saling melengkapi. Pasangan Jokowi-Maruf disebut sebagai koalisi antara sosok nasionalis dan religius.

Pemilihan Maruf Amin, kata Jokowi, untuk menargetkan suara dari seluruh pelosok Tanah Air. Mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote.