Jokowi minta timsesnya jelaskan ke publik soal dirinya dituduh PKI

Joko Widodo meminta tim kampanyenya memperkuat kemampuan menjelaskan sejumlah isu penting kepada masyarakat.

Presiden Joko Widodo./Foto: Setkab.go.id

Calon Presiden RI nomor urut 01 Joko Widodo meminta tim kampanyenya memperkuat kemampuan menjelaskan sejumlah isu penting kepada masyarakat. Selain pencapaian kinerja pemerintah, timsesnya juga diminta untuk menjelaskan soal isu dirinya dituduh terlibat dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

“Intinya seluruh tim kampanye baik nasional maupun daerah harus bisa menjelaskan program-program yang telah kita kerjakan.Begitupun soal isu Jokowi PKI, diharap bisa dijelaskan secara  sederhana oleh para anggota tim kampanye,” kata Jokowi usai memberi pengarahan dalam Rakernas TKN Jokowi-Ma'ruf Amin di Surabaya, Minggu, (28/10).

Dengan penjelasan secara sederhana tersebut, diharap rakyat mengetahui fakta yang sebenarnya. Bahwa semua kabar atau informasi yang menyebut dirinya bagian dari PKI itu bohong atau fitnah. Selain itu, berkaitan dengan tenaga kerja asing, Jokowi juga meminta timsesnya menjelaskannya kepada publik.

“Yang sebetulnya seperti apa sih, harus bisa menjelaskan. Karena ini (isu tenaga kerja asing) yang diserang, kan itu-itu terus,” ujar Jokowi.

Jokowi menekankan, agar tim kampanyenya tidak membalas kampanye hitam maupun kampanye negatif dengan cara yang sama. Adapun pembangunan yang telah dicapai selama ini yang tak luput harus dijelaskan kepada publik, kata Jokowi, berkaitan dengan infrastruktur, pembangunan bandara, pelabuhan, jalan tol, bendungan, waduk, dan lainnya.