Jokowi puji Megawati soal capres: Tidak grusa-grusu seperti yang lain-lainnya

Sejauh ini, baru NasDem dan Gerindra yang telah resmi mendeklarasikan capres yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri (kanan), memberikan potongan tumpeng kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela-sela Rakernas II PDIP di Jakarta, Selasa (21/6/2022). Foto BPMI Setpres/Kris

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, lantaran tak tegesa-gesa menentukan calon presiden (capres) yang diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurutnya, Megawati teguh dengan sikapnya, tak seperti partai-partai politik (parpol) lain yang grusa-grusu memilih capres.

"Yang saya senang, mohon maaf, Bu Mega, Bu Mega dalam memutuskan itu betul-betul sangat hati-hati, betul-betul tenang, dan tidak grusa-grusu seperti yang lain-lainnya," kata Jokowi dalam pidatonya di acara HUT ke-50 PDIP di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Selasa (10/11).

"Didesak-desak dari mana pun [Megawati] tidak goyah meskipun namanya [capres PDIP] sudah di kantongnya Bu Mega," imbuhnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta para kader PDIP bersabar menunggu. Meski nama capres sudah dikantongi, Megawati diyakini akan mengumumkannya pada saat yang tepat.

"Kita semuanya sabar menunggu yang akan nanti beliau sampaikan, tentunya pada saatnya dengan perhitungan-perhitungan dan kalkulasi-kalkulasi yang telah dibuat Ibu Megawati," ucapnya.