Kader Demokrat dorong poros ketiga JK-AHY

Setelah gelaran Pilkada serentak usai, mayoritas kader Partai Demokrat mendorong terbentuknya poros ketiga dengan menduetkan JK-AHY.

Wapres JK tiba di kediaman SBY pada pukul 20.00 WIB. JK langsung disambut dengan hangat oleh SBY beserta Ani Yudhoyono dan putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono. / Twitter @rudi_kadarisman

Setelah gelaran Pilkada serentak usai, mayoritas kader Partai Demokrat mendorong terbentuknya poros ketiga dengan menduetkan Jusuf Kalla-Agus Harimurti Yudhoyono (JK-AHY).

Ketua Divisi Komunikasi Publik Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Imelda Sari mengatakan, sebanyak 90% pengurus yang hadir memilih koalisi poros ketiga untuk Pemilu 2019. Polling kecil itu digelar oleh pengurus inti DPP Partai Demokrat pada Kamis (28/6) sebagai evaluasi penyelenggaraan Pilkada 2018.

"Dari 90% tersebut menuliskan nama JK-AHY," kata dia dalam diskusi otak atik Capres dan Cawapres pasca Pilkada 2018 di Warung Daun, Jakarta, (3/7).

Dia menegaskan, hal tersebut bukanlah keputusan dari Majelis Tinggi Partai Demokrat, melainkan murni dari suara kalangan bawah partai yang diketuai oleh Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Imelda mengkritisi cara-cara berpolitik petahana, Presiden Joko Widodo yang juga resmi menjadi Capres PDI Perjuangan, dengan mengunci partai koalisi.