Kemlu serahkan data 1,8 juta pemilih potensial kepada KPU

Kemlu bakal konsisten untuk melakukan pemutakhiran data guna mendukung seluruh tahapan jelang Pemilu 2024.

Ilustrasi daftar pemilih. Foto Antara/M. Adimaja

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyerahkan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan luar negeri (DP4 LN) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (14/12). Terdapat 1,8 juta jiwa dalam DP4 LN yang diserahkan untuk keperluan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Setelah melalui proses pemutakhiran dan cleansing data, total data WNI luar negeri yang kami serahkan hari ini sebagai DP4 LN sebanyak 1.806.714 jiwa," kata Staf Ahli Menteri Luar Negeri (Menlu) Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri, Siti Nugraha Mauludiah, di Gedung KPU, Jakarta.

Daftar tersebut terdiri dari 1.064.755 perempuan dengan 935 jiwa akan mencapai tahap usia pemilih pada hari H Pemilu 2024. Kemudian, terdapat 740.105 laki-laki dengan 990 jiwa yang akan mencapai usia pemilih.

Siti menuturkan, DP4 LN disusun melalui serangkaian kegiatan pemutakhiran data warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri dengan melibatkan seluruh perwakilan RI. Proses pemutakhiran data ini juga mendapat dukungan penuh dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Ditjen imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

"Dalam melaksanakan pemutakhiran data WNI tersebut, Kemlu menggunakan portal Peduli WNI sebagai platform pelayanan dan perlindungan WNI di luar negeri," ujar Siti.