Peneliti: Koalisi PDIP-Gerindra-PKB berpotensi temui jalan buntu

Daya tarik antara PDIP, Partai Gerindra, dan PKB juga tampak dari ketiga partai yang berada di dalam koalisi pemerintahan Presiden Jokowi.

Ilustrasi. Alinea.id/Dwi Setiawan.

Peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Kennedy Muslim melihat, peluang koalisi PDIP, Partai Gerindra, dan PKB cukup potensial terjadi. Menurutnya, ini terlihat dari hubungan baik yang terbangun antara ketiga partai.

"Menurut saya cukup potensial, karena dari sisi ideologis dan chemistry di akar rumput antara tiga partai itu tidak ada masalah," kata Kennedy saat dihubungi Alinea.id, Minggu (26/6) malam.

Ia menambahkan, daya tarik antara PDIP, Partai Gerindra, dan PKB juga tampak dari ketiga partai yang berada di dalam koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo selama tiga tahun terakhir.

"Kita tidak atau belum pernah mendengar adanya keretakan atau konflik baik di level elite maupun massa pemilih antar ketiga partai tersebut," ujarnya.

Kendati demikian, koalisi PDIP, Partai Gerindra, dan PKB berpotensi menemui jalan buntu di kemudian hari. Ini terkait dengan penentuan kandidat calon yang akan diusung dalam Pilpres 2024.